Tim Dinas Lingkungan Hidup Sidak ke Pabrik PT Jaker Sekitar Sungai Klinter

nganjuksatu, 09 Oct 2019, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:

Nganjuk - Warga di sepanjang aliran sungai klinter mengeluh adanya bau menyengat yang diduga berasal dari limbah pabrik PT.Jaya Kertas (JAKER) Kertosono, yang berada di Jalan Raya Surabaya-Madiun atau tepatnya di Desa Kepuh Kecamatan Jertosono Kabupaten Nganjuk. 

Menindaklanjuti keluhan warga tersebut, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Nganjuk akhirnya mengambil sample air di sungai klinter di Desa Kemaduh Kecamatan Baron, Senin (7/10/2019) pukul 09.00 WIB 

Juni, salahsatu warga desa setempat,mengatakan bahwa bau tak sedap akibat tercemarnya sungai klinter tersebut diduga berasal dari limbah pabrik kertas PT.Jaya Kertas. "Setiap musim kemarau, bau tak sedap ini pasti terjadi," ujarnya. 

Sementara itu, Suwelo salahsatu tim laboratorium Dinas LH Kabupaten Nganjuk mengatakan, pangambilan sample air sungai ini akan di uji lab ke Surabaya. "Setelah mengambil sample di sungai ini, kami langsung ke pabrik Jaker untuk mengambil sample juga," terangnya. 

Senada disampaikan  oleh Ari, salahsatu tim lab Dinas LH Kabupaten Nganjuk, menurutnya setelah mengambil sample di sungai klinter dan di pabrik kertas Jaker, pihaknya segera membawa sample ke Surabaya. "Karena sample ini harus segera di uji dan maksimal batas waktunya 24 jam," kata Ari. 

Sementara Aman selaku Humas PT.Jaya Kertas mengatakan bahwa, terkait limbah pabrik, pihaknya sudah melakukan proses pengolahan limbah tersebut di Unit Pengolah Limbah yang dimiliki oleh perusahaan sudah sesuai prosedur yang ada. " Bahkan setiap bulan pihak Dinas LH mendatangi pabrik untuk melakukan pengecekan," Ucapnya. 

Lanjut Aman, bahwa setiap tahun, pihaknya mengeluarkan anggaran ke 4 (desa) sepanjang sungai klinter, untuk melakukan pembersihan sungai. "Setiap tahun dana untuk kebersihan sungai itu, kami berikan," tandas Aman. (kla)

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami