Masyarakat Belum Ada Yang Ngerti.! Waduk Raksasa Akan Dibangun di Nganjuk

indonesiasatu, 17 Jul 2019, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:

NGANJUK - Tidak ada yang mengerti, Pemerintah akan segera membangun bendungan di Nganjuk, Jawa Timur. Bendungan tersebut menjadi bendungan terbesar di Indonesia. dan tak kalah penting dari mega proyek kota-kota besar yang membutuhkan dana dan waktu lama untuk merampungkannya. Yaitu mega proyek pembuatan Waduk Semantok.

Keberadaan Waduk Semantok merupakan waduk yang di gadang-gadang besarnya akan melebihi besarnya Waduk Kali Bening. Waduk Semantok yang berlokasi di Desa Sambikerep, Kecamatan Rejoso, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur ini rencananya akan memiliki luas tiga kali lebih besar dari Waduk Kali Bening yang berlokasi di Madiun.

Sementara Agung Samsul, Surveyor mega proyek Waduk Semantok, menuturkan, luas Waduk Semantok adalah 700 hektare, dimana lahan yang digunakan adalah lahan hutan dan sebagian lahan pemukiman warga Desa Kedungpingit, Kecamatan Rejoso, Kabupaten Nganjuk.

“Harusnya pengerjaan mega proyek Waduk Semantok ini dilaksanakan pada tahun 2017 lalu, namun karena masih ada banyak kendala dalam memulai, maka mega proyek ini baru bisa dilaksanakan pada awal tahun 2018. Sebab kendala-kendala yang ada harus diselesaikan terlebih dahulu.” beber Agung

“Adapun kendala-kendala yang ada salah satunya adalah permasalahan lahan, dimana mengambil lahan hutan tidaklah cukup untuk mega proyek pembuatan Waduk Semantok ini. Sehingga dalam mega proyek ini dibutuhkan lahan warga Desa Kedungpingit, Kecamatan Rejoso untuk pembuatan Waduk Semantok ini agar terlaksana seperti rencana awal yaitu Waduk Semantok seluas 700 hektare.” sambung Agung.

Informasi yang dihimpun dilapangan, untuk mengambil lahan warga Desa Kedungpingit, maka dilaksanakanlah relokasi untuk warga Desa Kedungpingit. Selain karena lahan digunakan untuk pembuatan Waduk Semantok, relokasi ini juga bertujuan untuk memberi jarak antara waduk dengan pemukiman warga.

“Seharusnya ada jarak antara waduk dengan pemukiman warga, jadi tidak boleh dibangun waduk kemudian disampingnya langsung pemukiman warga.” terang Agung.

Perlu diketahui Mega proyek pembuatan Waduk Semantok ini merupakan mega proyek nasional yang langsung diperintahkan oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. Pembuatan Waduk Semantok ini diharapkan dapat menjadi sarana irigasi lahan pertanian daerah sekitar, serta menjadi sarana penyedia air untuk daerah rawan kekeringan di daerah Desa Tritik, Kecamatan Rejoso, Kabupaten Nganjuk.

Bendungan Semantok diprioritaskan untuk sarana irigasi dan penyedia air, dibuatnya Waduk Semantok ini juga bertujuan untuk meningkatkan taraf perekonomian warga sekitar dengan menjadikan daerah Waduk Semantok menjadi daerah destinasi wisata seperti pada Waduk Kali Bening di Madiun. Dengan dijadikannya Waduk Semantok menjadi destinasi wisata, warga juga diharapkan dapat menciptakan dan mengembangkan UMKM yang nantinya dapat dipasarkan pada pengunjung Waduk Semantok. (red/kla)

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami